Selasa, 09 Agustus 2011

E-mail


Cara membuat e-mail di yahoo.co.id...... ikuti aja langkah-langkah berikut....
  • Ketikkan alamatnya di bagian Address www.yahoo.co.id kemudian tekan enter
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini
  • Klik Daftar (klik yang telah saya beri tanda panah)

http://4.bp.blogspot.com/_4HZuSOj-LAs/SJfqiUFRXUI/AAAAAAAAAQ0/PfWOb21BNQ4/s320/Email1.JPG
  • Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini, kemudian isikan identitasmu !
http://3.bp.blogspot.com/_4HZuSOj-LAs/SJfyIp4vTmI/AAAAAAAAAQ8/8msmXQ5EDPA/s320/email2.JPG
  • Ketikkan nama depanmu, nama belakangmu
  • Pilih jenis kelamin (laki-laki atau perempuan)
  • Ketikkan ID mu sebagai calon nama alamat e-mail
  • Ketikkan sandi (password) minimal 6 huruf misalnya : joko123
  • Ketikkan sandi (password) lagi minimal 6 huruf, dan sandinya harus sama persis dengan yang diatasnya sehingga menjadi sandinya di tulis lagi : joko123
  • Pilih daftar pertanyaan, kemudian jawabannya
  • Pilih tanggal, bulan,dan tahun berapa kamu lahir
  • Isikan kode pos alamat rumahmu
  • Pilih Negara
  • Isikan alamat e-mail alternative, isikan sembarang saja misalnya joko@plasa.com

http://4.bp.blogspot.com/_4HZuSOj-LAs/SJf1462HIZI/AAAAAAAAARE/Jz7pJqqZ7Rs/s320/email3.JPG
  • Ketikkan kode verifikasi pendaftaran sesuai dengan apa yang ditampilkan di bawahnya,baik huruf besar kecilnya harus sama persis. Untuk di gambar di bawah ini kode verifikasinya adalah 4KMzyH. Tiap-tiap e-mail mempunyai kode yang berbeda-beda.
  • Klik Saya setuju
  • Maka akan tampilan Pendaftaran Selesai
  • Klik Lanjutkan ke Surat Yahoo!
  • Klik Tidak,Terima kasih……….
by agus_1052@yahoo.co.id
MELAMPIRKAN FILE DALAM EMAIL,

Langkah 1
Buka email anda, misalnya jika email anda adalah ini_suratku@yahoo.com, maka yang pertama anda jalankan adalah situs Yahoo.Com di salah satu browser seperti Mozilla Firefox atau Internet Explorer.
OK, simplenya....
Jalankan browser, Start | Program | mozilla Fire Fox atau Start | Internet....
Ketik di address: Yahoo.Com dan klik tombol Go atau tekan Enter
Setelah itu, masukkan ID yahoo dan Passwordnya
Yang jelas kita Login dulu ke email kita, Okay?
Untuk lebih jelas tentang login ke email,
Lupa cara login atau masuk ke email? silakan klik dulu disini untuk mempelajari bahasan tentang masuk ke email: MASUK KE EMAIL, LOGIN ATAU SIGN INI.
nah, sekarang, kita sudah masuk ke email kita.

Langkah 2
Klik New di bagian atas jendela sebelah kiri, untuk menulis atau mengirim email.

Langkah 3
Setelah di klik New, kita akan dihadapkan pada kotak isian surat Yahoo.
Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtqsw0NHKHlTZd1DVpoQxMqTmOkMCzZgnHw9FOiuZeXvlenmd_Rz9yaBlvg-WDknaRkaXO3Kk96Lx7s9ak6eKU6TulpstqyAyQlF7Nw8MNpi7KxBMq_S6uCJSlt9CAGtWSkWLG1GJypKDW/s400/attach.JPG
Langkah 4
Setelah yakin, semua isian surat kita isi, cari di bagian atas, tombol Attach.
Tombol ini akan menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto yang akan kita kirimkan lewat email.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZVfw88POdJZHAOwBd28YyEM9NnGjhY-CSjthnipfY99bHOAWaqrUkCXIjrqJGWaOiLQHgB3MHBkPFYBE8HUrhmvG9F8i1foySIRZuw8DIjdimH_Fo66AG0l3QbQ5PMvnqYhUJVeKQ-QJf/s400/attach-upload.JPG
Klik Attach!! Selanjutnya Yahoo akan mulai melampirkan file atau gambar yang kita sisipkan lewat tombol attach tadi. Ini sama dengan proses Upload atau mengirimkan data ke internet.
tombol Cancel berfungsi untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
tunggu sampai proses scanning selesai....
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXmvUN8iIwfLUlCAmSJhhjlOnzPwNfScVw76UqJX2ALZIGjCf5lWQAXW9D8_0yFswreIUsbGugNF2daiQqVgPBZ6akLkFoSXwAF-j-vLkh775-iZxwUzU4VJSiJ4BulhFWCXIygTRzCqeN/s400/attach-scanning.JPGJika proses scanning selesai tampilannya https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqQ6H3RANRKX2JWumDQGg9_lPFJEZrL37FF46Ys1S1nKcOBsSfbUU2m_qf8rtMQnIuqH_P_aoBbuS_VzSDwqlPexzn5pkzObsD3Pvv4OLkiDM5GuVSSjetTHCP-OMNxkPRX-H_Y3o-LCHw/s400/attach-upload-finish.JPGmaka seperti Seperti ini.
Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul tombol remove di sebelah kanan file atau gambar yang akan kita kirimkan, yang berfungsi untuk menghapus lampiran file tersebut, jika memang tidak jadi dilampirkan dan akan diganti dengan flampiran lainnya.
Untuk melampirkan file atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk meng-upload file ke email.

Langkah 5
Jika semuanya sudah yakin terisi dan file yang akan kita lampirkan sudah muncul di bagian lampiran (diantara subject surat dan isi surat)
Maka langsung kita tekan Send (=kirim)
Untuk mengirimkan email yang berisi lampiran file tadi.....
Seluruh posting tentang email ini ditujukan untuk membantu proses belajar mengajar di tempatku bekerja.

LINK JUDUL / ARTIKEL TERKAIT:
  1. Mendaftar Email di Yahoo!
  2. Keluar dari Email, Log Out / Sign Out
  3. Masuk ke Email, Login atau Sign in
  4. Mengirim / Menulis Surat
  5. Melihat dan Membaca Email yang Masuk
  6. Membalas Email / Reply
  7. Melampirkan File / Attachment dlm Email
By fresh budi setiadarma

10 dasar tips menggunakan e-mail yang baik di bawah ini mungkin bisa membantu:

1. Biasakan menggunakan bahasa yang baik.
Hindari lah dalam penggunaan kata-kata yang tidak beraturan, baik itu kata-kata klise ataupun kata-kata kalimat langsung. Atau kata-kata yang benar tapi salah saat mengetiknya sehingga terlihat seolah-olah bahasa Anda jelek.

2. Biasakan menulis email dengan pendek.
Cobalah menulis email to the point. Menulis email yang sangat panjang selain capek, juga orang yang membacanya menjadi malas, sehingga sering diabaikan, atau baru dibaca keesokan harinya atau bahkan di-delete.

3. Belajar menulis email dengan jujur.
Kejujuran Anda terhadap hal yang Anda tulis di email bisa dibaca orang melaui tulisan Anda sendiri. Jangan salah, kebohongan bisa terlihat dari rangkaian kata yang ditulis. Oleh sebab itu, mulai sekarang, belajarlah menulis email dengan jujur dan apa adanya. Toh, bila kita jujur, hati jadi senang, pikiran tenang dan hidup pun jadi ringan.
4. Gunakan email bila diperlukan saja.
Sebagaimana kita ketahui bahwa berkomunikasi via email selain lebih cepat, mudah, serta dapat disimpan untuk diperiksa ulang. Kekuatan email begitu dahsyat dan super cepat. Email sanggup mengirimkan pesan ke seluruh dunia sekali klik hanya dalam waktu hitungan detik. Namun begitu, Anda jangan terlalu mendewakan email. Terlebih lagi bila Anda kurang ahli dalam menulis apa yang Anda maksud melalui kata-kata dalam email. Salah salah, email yang Anda tujukan ke bos Anda justru membuat persepsi bos diluar yang Anda harapkan. Jadi, ada kalanya Anda bicara dengan bos atau siapa saja tidak pantas lewat email. Justru pantasnya secara langsung. Anda tidak dapat menyampaikan segala hal ke semua orang melalui satu pintu saja yakni email. Pada hal-hal tertentu, bicara langsung lebih pantas dibandingkan melalui email karena lewat email, tentu kehadiran Anda tidak dirasakan orang.

5. Atur waktu-waktu tertentu untuk menjawab email
Memang, tidak semua kita yang punya waktu untuk membaca email. Bila hal ini terjadi pada Anda, cobalah membuat jadwal tertulis untuk menjawab email-email yang masuk ke inbox Anda.

6. Waktu 5 menit untuk menerima dan membalas email.
Untuk membalas email, tidak perlu berlama-lama. Ini akan merugikan Anda sendiri. 5 menit sudah cukup dan wajar dalam menjawab email. Begitu juga untuk waktu menulisnya. Jangan menulis email bila Anda sedang kurang konsentrasi atau sedang marah. Hal ini bisa berpengaruh pada kalimat-kalimat yang akan Anda tulis nantinya. Redakan marah Anda dulu. Bila Anda muslim, cobalah berwudhu terlebih dahulu. Sejuknya air dan bacaan do'a setelah wudhu akan membuat hati Anda ikut sejuk.

7. Kalimat yang lengkap dan jelas.
Ungkapkan lah keinginan Anda dengan lengkap dan jelas. Bila Anda rasa sudah cukup, jangan ditambah-tambah lagi. Ini akan membuat isi email Anda jelek dan jadi terlihat berbelit-belit.

8. Jangan melepaskan uneg-uneg dan kekesalan lewat email.
Siapa saja pasti pernah marah ataupun kesal. Namun jangan sekali-sekali kekesalan itu Anda lampiaskan melalui email. Atau katakanlah itu bukan kekesalan, hanya sekedar "curhat" ke teman. Itu sama saja. Curhat tapi dalam rangka melepaskan amarah dan kekesalan tidak akan berdampak baik, yang justru membuat orang makin tahu kualitas pribadi Anda.

9. Terbuka bagi siapa saja
Bila Anda seorang bos ataupun manager di perusahaan tempat Anda bekerja, manfaatkanlah email sebagai sarana bagi bawahan Anda. Hal ini akan menguntungkan Anda. Persepsi positif tentang pribadi Anda akan tercermin dengan begitu terbukanya Anda kepada siapa saja dan mau menerima email dari siapa saja. Ini penting, karena banyak diantara para bos yang emailnya tidak berlaku bagi bawahannya. Seandainyapun ada email yang masuk, tapi itu dari seorang bawahan, jarang yang mau membalas dan sering diabaikan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda memperlihatkan kepada semua orang bahwa Anda selalu terbuka bagi mereka.

10. Kurangi bercanda lewat email
Di antara kita tentu pernah mengirim email yang berisi joke ataupun lelucon ringan kepada teman-teman kita. Ini memang baik, agar suasana lebih segar dan tidak monoton. Tapi, kalau terlalu sering, justru bisa berdampak negatif bagi kita. Orang akan menilai kita lain. Kita akan dianggap suka membuang-buang waktu kerja dan tidak serius dalam bekerja. Malah di beberapa perusahaan ada yang melarang karyawannya bercanda lewat email karena bisa mengganggu waktu bekerja.
Oleh karenanya, bercanda lewat email tidak salah, tapi jangan keseringan.
By artikel computer.net
Langkah langkah untuk mengirim email :
1. Login ke YahooMail.com atau klik Yahoo.com lalu klik menu mail. Masukkan username dan Password login nya. Seperti yang tercantum pada gambar di bawah ini :
http://yohansalman.com/wp-content/uploads/login%20yahoo%20mail.jpg
2. Setelah masuk ke bagian dalam akun email Anda lalu klik menu Create yang ada pada pojok kiri halaman email. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
http://yohansalman.com/wp-content/uploads/akun%20email.JPG
3. Setelah menklik menu Create atau New atau Buat akan tampil tampilan email seperti ini :
http://yohansalman.com/wp-content/uploads/kirim%20email.JPG
Kolom isian ;
1. To :
Diisi dengan alamat email yang di tuju. contohnya aayohan@gmail.com pastikan alamat email tersebut tanpa spasi, kesalahan satu karakter huruf seperti halnya mengirim SMS tidak akan terkirim.
2. CC : (diisi kalau diperlukan)
CC (copy carbon) alias salinan email kolom ini bisa diisi atau tidak. Fungsi kolom ini untuk mengirim email ke beberapa email sekaligus .  isi dengan alamat email tambahan jika ada alamat email lebih dari satu alamat email, contoh : emailteman1@gmail.com,emailteman2@yahoo.com (pisahkan dengan tanda koma) Anda juga bisa menambahkan BCC (Bling Copy Carbon)
pada menu yang ada disebelahnya.

Bcc bisa digunakan jika ingin orang yang dikirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). Contoh kasusnya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.

3. Subject :
Kolom isian ini untuk judul atau topik email. Pastikan diisi untuk memperjelas kiriman email oleh penerima Email.
4. Content :
Pada kolom kosong dibawah isilah dengan isi email. Gunakan bahasa yang baik dan benar untuk memudahkan penerima email Anda.
4. Langkah terakhir yaitu klik tombol Send yang berada di atas kolom send. Selesai.  Proses selanjutnya proses pengiriman email yg berlangsung dalam hitungn detik.
By yohan salman.com
Untuk membalas pesan yang Anda terima dalam Yahoo! Mail:
  1. Klik pesan untuk membukanya.
  2. Klik tombol "Balas" yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih "Balas Ke Semua." Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.
  3. Jendela Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan alamat email tambahan.
Tergantung pada pengaturan "Tindakan Pesan" (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di jendela Tulis.
Untuk menyesuaikan pengaturan ini:
    1. Klik "Opsi" di sudut kanan atas halaman Yahoo! Mail Anda
    2. Di bawah "Manajemen" klik "Preferensi Umum."
    3. Anda dapat memilih, apakah Anda akan menyertakan semua, sebagian atau tanpa pesan asli dalam pesan balasan Anda. Jika Anda membuat perubahan,klik tombol "Simpan" di sudut kiri atas atau bawah.
Jika Anda memilih untuk menyertakan pesannya, Anda akan melihatnya di jendela Tulis dengan simbol ">" yang diulang di bawah margin kirinya.
  1. Ketik balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri -- untuk merespons secara ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik.
Saran: Agar balasan Anda mudah dibaca, tekan Enter beberapa kali untuk menambahkan spasi. Dalam contoh ini, kami klik kursor setelah tanda tanya, lalu tekan Enter dua kali untuk menjawab pertanyaan:
>selama tiga tahun. Omong-omong, bagaimana kabarnya Mike?
Mike baik-baik saja! Nanti saya sampaikan salam kamu.
>Kami kangen sama dia. Rumah tempat dia tinggali dulu yaitu
  1. Klik "Kirim" untuk mengirim balasan Anda.
By yahoo Indonesia bantuan
JENIS-JENIS EMAIL
  • POP Mail : Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dan ISP Anda (bagi Anda yang connect Internet dan rumah atau kantor).
  • Web Based Email : Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, dan lain-lain. Biasanya bersifat free.
  • Email Forwarding : Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.
By qurthubyfasa.blogspot.com
Mailing List
Mailing List juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).

Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.
By fauzan blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar